Pada kesempatan yang lalu, para peserta magang telah mendapatkan arahan terkait sistem kerja dari tim Maulidan Games. (Baca : "Januari 2016, Maulidan Games Membuka Kesempatan Magang Untuk Pelajar dan Mahasiswa"). Dari hasil brain storming antara peserta dengan tim, tema monster akhirnya menjadi pilihan. Game yang konon belum memiliki nama ini menyajikan pertarungan monster-monster imut ala Pokemon. Mereka akan saling melawan satu sama lain dengan sistem permainan action turn based
 
 
Para peserta berbagi peran dalam proyek kali ini. Secara umum, divisi art terbagi spesifikasinya menjadi tiga macam, yaitu desain karakter, pewarnaan, dan animasi karakter. M.Choirunnuha, salah seorang peserta magang dipercaya untuk mendesain 25 macam karakter monster. Ia mendesain karakter monster yang simpel dan terinspirasi dari hewan.  Proses pewarnaan dan animasi karakter ditangani oleh graphic artist lainnya.
 
 
Divisi programmer bertugas untuk memastikan fungsi- fungsi yang ada dalam permainan dapat berjalan, mulai dari main menu, level menu, hingga gameplay. Seluruh programmer diwajibkan menggunakan engine Unity dalam mengerjakan tugasnya. Mereka juga harus mengeset kontrol game agar dapat dimainkan dengan menggunakan keyboard. 
 
Suasana kerja praktik
 
Di bagian tester, para peserta berperan untuk menyusun konten game beserta atributnya. Mereka harus mendata nama monster, nama serangan, elemen yang digunakan, level kekuatan, dan lain-lain. Disamping itu, mereka dibebani tugas untuk melakukan testing terhadap game-game yang dikerjakan oleh tim Maulidan Games, baik yang belum maupun telah rilis. Sebelum melakukan tugasnya, terlebih dahulu mereka dibekali ilmu tentang game testing. Setelah itu, mereka harus memainkan game berulang kali. Tujuannya adalah menemukan bug yang ada dan memberikan saran dari game yang mereka mainkan. Di tahap akhir, mereka harus melaporkan setiap bug yang ditemui melalui dokumen tertulis. Laporan ini menjadi bahan masukan bagi tim Maulidan Games untuk memperbaiki game dari segi bug solving maupun balancing tingkat kesulitannya.   
 
 
Suka Duka Peserta Magang
 
Terdapat beberapa cerita menarik dibalik kegiatan praktik magang kali ini. Ada peserta yang masih aktif kuliah di luar kota sehingga harus bolak-balik Surabaya - kota asal. Ada pula peserta yang kerap menghilang ditengah kegiatan praktik berlangsung. Usut punya usut ternyata ia bekerja sambilan sebagai kurir barang. Dengan segala kerepotan yang ada, ditambah tekanan kerja yang tinggi, mereka dituntut untuk tetap profesional menyelesaikan milestone. 
 
 
Ramaikan Global Game Jam 2016
 
Di tengah periode magang, para peserta juga berkesempatan untuk mengasah skill mereka secara insidental. Mereka diwajibkan bergabung dalam event Global Game Jam 2016 yang diselenggarakan di ITS, Surabaya. Agenda tersebut membuat mereka harus membentuk tim secara acak untuk membuat game dalam waktu 48 jam. Keseruan dalam acara tersebut mampu meningkatkan keakraban peserta dan menjadi ajang pembuktian kemampuan yang mereka miliki. 
 
Tim Default dengan game mereka yang berjudul "Elluminious" 
(sumber : 1.dok. pribadi Camila Khoirunissa;  2. globalgamejam.org )
 
 
 
Di akhir bulan Januari, mereka telah menghasilkan sejumlah progress yang cukup mengesankan. Penasaran dengan karya mereka? simak video berikut ini
 

 
      
Similar Article


Presentasi Berhadiah, Inilah Keseruan Demo Final Project Teknik Informatika ITS !


Januari 2016, Maulidan Games Membuka Kesempatan Magang untuk Pelajar dan Mahasiswa


Mengenal Markas Kerja Developer IT di Surabaya, GERDHU


Mengenal Agile Project Management


Agile Manifesto dan 12 Prinsip yang Harus Diterapkan Dalam Agile Development (Part 1)


Refactoring dan Code Smell


Buat Game dalam 30 Menit, Maulidan Games Mendemokan Diamond v3.0 dalam Seminar di Politeknik Negeri Malang


Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura Jalani Workshop Flash Game Development bersama Maulidan Games


BAHASA INDONESIA - Devblog Legion Tale April 16th 2017 - Animation is Really Matter.


ENGLISH - Legion Tale Devblog April 16th 2017 - Animation is Really Matter.


BAHASA INDONESIA - Devblog Legion Tale April 18th 2017 - Legion Tale Story