Kali ini Maulidan Games memperoleh undangan untuk menjadi pemateri seminar nasional di Universitas Trunojoyo Madura. Tepatnya diundang oleh teman-teman dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Creative Computer Club atau biasa disebut di sana sebagai UKM Triple-C. Seminar ini masih dalam rangkaian acara Pekan Teknologi Informasi bertajuk The Truth of Technology. Materi yang kali ini kami bawakan adalah mengenai teknologi Augemented Reality (AR).

 

 

COO Ramadhany Candra datang sebagai pembicara di acara ini. Secara singkat pengertian AR adalah teknologi yang memadukan unsur maya dua dimensi, tiga dimensi, suara, video bahkan data lokasi, dengan lingkungan nyata, dan menampilkannya (augmented) pada perangkat pembantu secara real time.

Teknologi AR saat ini dikembangkan untuk kebutuhan di berbagai bidang, tidak hanya game. Pemanfaatannya seperti di bidang militer, medis, komersil, industri, pariwisata, hingga pendidikan. Contoh paling sederhana seperti kegunaanya untuk menampilkan obyek planet maya ketika mengarahkan kamera device ke kertas bergambar planet yang bekerja sebagai marker.

 

 

Pada dunia perkuliahan, dasar-dasar untuk mengembangkan teknologi AR diajarkan pada mata kuliah Computer Vision. Di dalam mata kuliah tersebut, tiga hal mendasar yang harus dipahami dan dipelajari adalah Pattern Recognition, Image Processing, dan Artificial Intelligence. Namun jangan khawatir, sekarang sudah banyak perangkat lunak pembantu untuk mengembangkan AR. Ketiga hal tersebut terimplementasi dengan baik di library seperti ARToolkit dan EasyAR. Tertarik untuk mengembangkannya?

Similar Article