Tepat pada tanggal 11 Mei 2017 lalu, Maulidan Games (MG) mengadakan program seleksi untuk pemagang yang memilih jalur programmer. Dengan total terdaftar delapan mahasiswa, akhirnya didapatkan tiga kandidat terbaik yang nantinya akan menjalani proses magang selama tiga bulan. Ketiganya akan berkesempatan pula menimba ilmu bersama anggota-anggota tetap MG yang berpengalaman dalam industri game.

 

Suasana saat seleksi pemagang

Pada semester awal tahun 2017 ini, MG memberlakukan sedikit sistem yang berbeda dalam proses penerimaan calon pemagang. Ini adalah kali pertama di mana seleksi menggunakan sistem yang MG sebut Live Coding - Competitive Programming. Sistem ini terdiri dari empat lapis level yang harus dilalui oleh para mahasiswa. Setiap lapis akan menentukan posisi programmer apa yang akan ditempati oleh mahasiswa yang berhasil menyelesaikan ujian. Berikut rinciannya:

Level C: Basic Programming, Data Structure
Level B: Basic Programming, Data Structure (4x speed)
Level A: OOP, Code Convention
Level S: Code Smell + Refactoring, Design Pattern, Machine Learning

 

Para penguji yang terdiri dari programmer inti MG

Hanya pemagang yang berhasil lolos hingga tahap S yang akan mendapatkan kesempatan untuk menjadi game programmer di MG. Apabila tembus sampai tahap A, maka mahasiswa akan memperoleh posisi sebagai tool programmer. Teori-teori yang berada di Level A dan Level S merupakan materi kunci yang MG anggap sebagai kriteria minimum seorang game programmer harus kuasai. Pembaca bisa membaca beberapa penjelasan singkat mengenai teori seperti Code Smell dan Design Pattern di link terkait.

 

 

MG berkomitmen besar untuk memberikan wadah bagi para calon programmer yang tertarik dengan bidang game. Nantinya para pemagang berkesempatan mendapatkan segala macam hal yang akan mempersiapkan diri mereka menjadi programmer handal. Selain itu pemagang juga akan merasakan bagaimana atmosfer sebuah studio dan bagaimana bekerja secara tim.

Selamat untuk 3 peserta terpilih: Lazuardi Ya'qub Affan, Prabu Dzaky, dan Bagus Himawan. Selamat dan sampai jumpa di MG!

Similar Article