Tepat pada hari Sabtu kemarin, Maulidan Games melaksanakan salah satu agenda rutin tahunan kami, ujian programmer. Kali ini ujian diikuti oleh teman-teman magang yang memiliki
kemampuan dasar pemrograman sebanyak lima orang. Mereka beradu nilai dengan CEO kami langsung, Maulidan Bagus Afridian. Karena itulah tema kali ini adalah Quiz Boss Battle.

Ujian ini diadakan untuk menguji beragam hal yang harus disiapkan apabila programmer berniat masuk dalam industri startup, khususnya industri game. Hal-hal seperti soft skill bekerja dalam tekanan dan batas waktu, tanggung jawab, dan kemampuan hardskill  menjadi poin-poin fokus dari tes ini.

 

 

Ada dua level ujian yang harus dilalui para peserta. Yang pertama adalah level struktural di mana pertanyaan disiapkan oleh programmer inti dari Maulidan Games. Peserta diwajibkan menulis program untuk menghasilkan output sebuah deret angka dengan pola-pola tertentu. Setiap pertanyaan harus diselesaikan di bawah waktu 5 menit. Tertarik untuk mencoba salah satu soalnya?

Pada level kedua, pertanyaan khusus disiapkan oleh teman-teman artist. Dengan arahan programmer inti, para artist menyiapkan sebuah pola gambar yang tersusun dari simbol.
Tugas peserta ujian yakni untuk mereproduksi pola-pola tersebut dengan input sebuah angka. Peserta harus menyelesaikannya dalam waktu di bawah 10 menit untuk setiap pertanyaan. Tertarik untuk mencoba juga?

 

 

Ada satu hal penting yang  ingin ditanamkan dibalik diadakannya ujian ini. Maulidan Games ingin agar teman-teman tidak hanya menjadi seorang pengguna engine/framework, tetapi juga bisa menjadi penciptanya. Bukan tidak mungkin nantinya akan muncul programmer-programmer handal seperti para pembuat No Man's Sky, misalnya. Yang mampu membuat generator planet mereka sendiri dengan menggunakan algoritma-algoritma sains yang tidak dapat ditemukan dalam dunia IT.

Mengerjakan soal-soal yang tidak umum, seperti dalam Quiz Boss Battle ini, menjadi salah satu jalan untuk mengetes seberapa jauh kemampuan programming kita.

Similar Article