Gambar 1. The Agile Samurai

 

Proyek adalah sebuah program kerja terencana dengan waktu dan budget yang ditentukan. Umumnya proyek memiliki tujuan dan sasaran yang harus dicapai. Agar kedua hal tersebut berhasil maka diperlukan usaha dan perencanaan yang tepat. 


Tahun 2015 lalu, Maulidan Games mendeklarasikan sebuah resolusi besar yaitu memproduksi 100 game dalam 1 tahun. Dengan bekal sumber daya yang kompeten dan engine yang selalu berevolusi untuk mempercepat pengerjaan game, tentu tidak lengkap jika tidak diatur dengan manajemen proyek yang baik. Dari sekian banyak metode pengembangan software, Maulidan Games memilih untuk menerapkan metode Agile Project Management. Meskipun pada akhirnya produk yang selesai hanya 25 produk game (25%) dari target resolusi, dengan adanya penerapan Agile, Maulidan Games telah berhasil meningkatkan produksi sebesar 800% daripada tahun sebelumnya (2014) yang hanya 3 produk game dalam 1 tahun.

 

 

Apa itu Agile Project Management?

 

Gambar 2. Agile method memecah proyek menjadi beberapa bagian kecil 

 

Agile Project Management adalah metodologi manajemen proyek yang mempunyai adaptabilitas tinggi terhadap perubahan yang terjadi pada setiap elemen-elemennya. Metode ini memecah sebuah proyek besar menjadi beberapa bagian kecil yang akan di-deliver secara incremental kepada publisher / customer / end user. Delivery selalu dilakukan tiap 1-4 minggu sampai proyek tersebut selesai. Proses ini disebut iterasi (iteration) atau sprint. Cara ini dapat memberikan kepuasan kepada customer karena developer selalu memberikan delivery tepat waktu secara kontinyu. 

 

Gambar 3. Proses agile 

 

Pada tiap iterasi, developer akan memberikan delivery kepada customer bagian software atau game yang telah dibagi sebelumnya. Namun, developer harus memastikan bagian tersebut dapat bekerja dengan baik. Oleh karena itu, review dan testing harus selalu dilakukan secara kontinyu untuk menjamin kualitas produk. Pada tahap ini, customer selalu memberikan feedback berupa informasi maupun arahan yang menjadi petunjuk penting bagi developer dalam pengerjaan proyek. Feedback juga bisa berupa perubahan terhadap beberapa elemen fitur dalam game. Developer agile harus mampu beradaptasi dengan hal-hal tersebut, bahkan bila perlu melakukan perencanaan ulang jika rencana awal sudah tidak relevan. Proses ini akan terus dilakukan hingga proyek sampai pada tahap produk siap di-deploy

"If you create a plan and follow it blindly, you won’t be able to roll with punches when they come. That’s why when reality messes with your plan, you change your plan-not reality" (Jonathan Rasmusson dalam The Agile Samurai)

 

Ada beberapa hal yang membedakan Agile Project Management dengan yang lainnya, diantaranya :

  • Agile menekankan bahwa seluruh anggota tim harus bersatu menjadi sebuah tim yang solid dan mampun menjalin kerjasama yang kompak. Tim tersebut terdiri dari developer, quality assurance, project management, dan customer
  • Komunikasi secara frekuentif adalah salah satu faktor kunci yang bisa membuat teamwork menjadi solid. Oleh karena itu, tim agile selalu melalukan rapat harian yang membahas progress dan strategi proyek saat ini serta mencari solusi jika ada permasalahan
  • Melakukan delivery dalam waktu singkat yaitu 1 - 4 minggu. Proses ini disebut sprint atau iteration
  • Teknik komunikasi terbuka yang memungkinkan tiap anggota tim (termasuk customer) untuk memberikan masukan berupa feedback dan pandangannya terhadap proyek tersebut. Masukan tersebut akan menjadi pertimbangan dalam pengerjaan proyek

 

Dengan tensi yang tinggi dalam proses development-nya, maka bisa dikatakan bergabung dalam sebuah tim Agile sama seperti bekerja dalam sebuah mini startup. Proyek selalu dinamis dengan iklim kerja cepat dan mendukung tiap anggota tim untuk terus berkembang. Anggota tim ini adalah individu-individu dengan semangat tinggi, passionate, dan selalu termotivasi. Setiap anggota tim harus mempunyai rasa kepemilikan terhadap proyek, sehingga mereka akan selalu berusaha maksimal untuk menghasilkan produk dengan kualitas terbaik.

 

Baca selanjutnya : Agile Manifesto dan 12 Prinsip yang Harus Diterapkan dalam Agile Development (Part 1)


Sumber materi :

  1. "The Agile Samurai" karya Jonathan Rasmusson
  2. "Agile Project Management for Dummies" karya
  3. http://www.tutorialspoint.com/agile/  
  4. http://www.agilenutshell.com/
  5. https://www.agilealliance.org/agile101/the-agile-manifesto/

Sumber Gambar :

  1. Gambar 1 : Buku The Agile Samurai karya Jonathan Rasmusson
  2. Gambar 2 : http://www.agilenutshell.com/
  3. Gambar 3 : http://www.tutorialspoint.com/management_concepts/agile_project_management.htm 
Similar Article


Presentasi Berhadiah, Inilah Keseruan Demo Final Project Teknik Informatika ITS !


Januari 2016, Maulidan Games Membuka Kesempatan Magang untuk Pelajar dan Mahasiswa


Mengenal Markas Kerja Developer IT di Surabaya, GERDHU


Agile Manifesto dan 12 Prinsip yang Harus Diterapkan Dalam Agile Development (Part 1)


Mengenal Design Pattern


Yuk, Simak Aktivitas Para Peserta Magang di Maulidan Games


Creational Pattern - Factory Method


Refactoring dan Code Smell


Buat Game dalam 30 Menit, Maulidan Games Mendemokan Diamond v3.0 dalam Seminar di Politeknik Negeri Malang


Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura Jalani Workshop Flash Game Development bersama Maulidan Games


Empat Hal yang Mengharuskan Dilakukannya Refactoring Beserta Contoh Implementasinya Dalam Game Programming


BAHASA INDONESIA - Devblog Legion Tale April 16th 2017 - Animation is Really Matter.


ENGLISH - Legion Tale Devblog April 16th 2017 - Animation is Really Matter.


BAHASA INDONESIA - Devblog Legion Tale April 18th 2017 - Legion Tale Story