Di penghujung tahun 2015, Laboratorium Teknologi Informasi dan Aplikasi Universitas Trunojoyo Madura menyelenggarakan sebuah workshop bertajuk "Rapid Game Development using Flash", Minggu, (27/12/2015).  Ramadhany Candra, programmer dari Maulidan Games dipercaya sebagai pemateri dalam workshop kali ini. 


 

Kegiatan ini dihadiri oleh 35 orang peserta. Mayoritas peserta berasal dari Universitas Trunojoyo Madura.  Dalam kegiatan ini, mereka akan belajar membuat game sederhana menggunakan engine Flash dan bahasa pemrograman AS3. Bertempat di Laboratorium Teknologi Informasi dan Aplikasi Universitas Trunojoyo Madura, kegiatan ini berlangsung sejak pukul 08.00 WIB hingga 13.00 WIB.

Gambar 1. Candra memberikan materi tentang AS3

Didampingi rekannya, Pramono dan Julian, Candra mengawali kegiatan dengan memberikan materi pengantar tentang  bahasa Action Script 3.0 (AS3). Setelah mendapatkan pembekalan, para peserta secara bersama-sama dituntun untuk mempraktikkan ilmu yang mereka dapatkan dengan membuat sebuah game clicker sederhana.

 

Gambar 2. Peserta sedang mempraktikkan coding menggunakan AS3 

 

Gambar 3. Demo Pembuatan Game

 

Acara ini mendapat apresiasi yang baik dari para peserta, dan diharapkan kegiatan serupa dapat diselenggarakan kembali pada kesempatan berikutnya.  


Similar Article