Dengan membawa semangat serta keingintahuan yang begitu tinggi, belasan mahasiswa dari Teknik Informatika Universitas Surabaya berkunjung ke kantor Maulidan Games. Mereka yang sebagian besar masih di semester awal kuliah ini bermaksud menggali informasi mengenai industri teknologi. Tidak hanya untuk sekedar menyelesaikan kewajiban mata kuliah mereka, tetapi juga untuk memperoleh insight perihal menjalankan sebuah startup, khususnya di bidang game.

 

 

Kami sebagai salah satu studio game yang cukup lama berkecimpung di industri kreatif ini diwakili langsung oleh CMO, M Hildi Radya Nararya. Setelah melakukan perkenalan singkat mengenai profil dan pencapaian Maulidan Games, mahasiswa kami berikan kesempatan memberikan pertanyaan. Hal ini untuk memancing keakfifan mahasiswa sekaligus agar diskusi lebih cair dan terbuka. Tidak tanggung-tanggung, hampir setiap mahasiswa memberikan pertanyaan, mulai dari yang mendasar seperti komposisi pekerjaan dalam sebuah studio game.

Untuk Maulidan Games sendiri, kami membagi komposisi tim menjadi Game Designer, Game Programmer, Graphics Artist, dan Assets Manager. Tiga nama pertama mungkin sudah jamak diketahui banyak orang. Sedangkan nama yang terakhir, ia bertanggung jawab menjembatani antara programmer dan artist. Misalnya seperti memastikan aset tertata rapi dan memiliki konvensi nama yang mudah diakses oleh programmer. Selain itu, manajer aset juga ikut dalam menata UI dan UX dari game.

 

 

 

Tren saat ini, banyak individu yang mernulai studionya sendiri. Ia biasanya merangkap banyak posisi sekaligus. Misalnya seperti kreator Stardew Valley yang menggambang, memprogram, serta mengkomposisi sendiri musik dari game fenomenal tersebut. Apabila pembaca berminat dengan hal yang sama, kami menyarankan agar jangan terjebak dengan langsung membuat sebuah game dengan scope yang terlalu besar. Ada baiknya untuk memupuk pengalaman, pembaca menyelesaikan sebuah game dengan fokus dan konsisten pada desain awal. Selesaikan hingga sempurna dan rilis. Pastikan review produk pembaca sendiri untuk mencari kelebihan dan kekurangan saat proses merilis game tersebut.

Similar Article