Malaysia Digital Economy Corporation (MDEC) pernah mengatakan pada laporannya di tahun 2015, bahwa Kanada merupakan negara ketiga terbesar untuk industri game. Kanada telah diakui nerhasil menghasilkan talenta dan sumber daya berkualitas. Serta satu hal yang pasti, salah satu kunci keberhasilan ini adalah kerjasama yang sangat dekat antara dunia akademis dan industri. Poin ini menjadi topik utama pembicaraan Maulidan Games dan STMM Yogyakarta.

 

 

Sebanyak enam orang dosen dari prodi Animasi dan Desain Teknologi Permainan melakukan kunjungan industri ke Maulidan Games dan Jelasin. Nama kedua adalah rekan startup yang bergerak di bidang animasi, kebetulan satu kantor juga bersama kami. Pembicaraan intens ini menghasilkan poin-poin utama yang ke depannya akan menjadi fokus sinkronisasi antara kedua belah pihak. 

Kami memberikan banyak masukan dari perspektif industri. Salah satunya adalah bagaimana kesiapan talenta-talenta binaan institusi pendidikan tinggi dalam menghadapi karir di industri beresiko tinggi ini. Skill dan portfolio adalah dua hal yang sangat penting sebagai awal memasuki industri game. Seringkali mahasiswa yang menawarkan magang tidak mempersiapkan kedua hal ini secara matang. Sehingga kami harus meluangkan waktu untuk menguji kemampuan mereka sebelum memulai magang sebenarnya.

 

 

Kami sendiri sangat jarang menerima teman-teman yang ingin magang pada posisi-posisi krusial, seperti programmer game. Sebagian besar karena kemampuan dasar yang belum memenuhi standar Maulidan Games, terlihat dari portofolio yang kurang meyakinkan. Seringkali kami menyeleksi sendri teman-teman yang berbakat di bidang ini, seperti kasus programmer magang baru dari Universitas Negeri Surabaya, Rizal Hidayat. Saat ini nama tersebut sedang melakukan magang sebagai programmer web game.

Apabila ada dari pembaca tertarik mendalami keilmuan programming melalui magang Maulidan Games, dalam waktu dekat kami akan meluncurkan kembali program Maulidan Academy. Ilmu dan pengalaman kami dalam kurun waktu 7 tahun di industri game akan kami sebar luaskan manfaatnya. Kami berharap banyak teman-teman yang bisa menyerap ilmunya dan menerapkannya sesuai bidangnya masing-masing.

 

Similar Article