Bekerja sama dengan inkubator teknologi Gerdhu, Maulidan Games ikut serta mengisi materi di depan teman-teman SMK Al Basthomi jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Maulidan Games diwakili langsung oleh CMO kami, penulis sendiri, serta Bapak Zakarias Danu dan Bapak Tunjung Utomo dari tim Gerdhu. Kami bertiga membicarakan banyak hal seputar dunia startup dan pengalaman kami di dalamnya.

 

 

Bapak Agus, selaku guru dari SMK Al Basthomi, memberikan sedikit pernyataan mengenai latar belakang kunjungan ini. Beliau menjelaskan, jurusan RPL mereka memiliki kurikulum yang berfokus pada web development. Ia menambahkan, salah satu tujuan utama kunjungan akademis ini yakni mengetahui bagaimana sebuah startup itu berdiri dan hal apa saja yang perlu dipersiapkan apabila ingin mendirikannya. 

Kami memberikan pemaparan bagaimana sebuah startup itu memulai bisnisnya. Maulidan Games mengedepankan passion besar pada media game sebagai penggerak utama tim untuk terjun di industri kreatif ini. Kami juga melihat faktor kekosongan segmen pasar game 'baik' di industri global. Apakah game 'baik' itu? Game yang tidak hanya sekedar menghibur, tetapi juga memiliki hal-hal positif yang dapat diperkenalkan pada pemainnya. Misalnya, Lobster Empire yang kami kembangkan untuk memperkenalkan alur bisnis lobster tetapi dengan skala yang cukup sederhana untuk mempermudah pemain memahaminya.

Kami juga selaku pelaku industri, mengharapkan bahwa teman-teman SMK yang tertarik membuat startup harus fokus pada menyelesaikan sebuah masalah. Contoh paling sederhana misalnya bagaimana membesarkan ikon kota Nganjuk, bawang merah atau brambang, melalui latar belakang mereka sebagai programmer web.

 

 

Kami percaya bahwa teman-teman kejuruan memiliki hardskill yang mumpuni apabila diarahkan dengan benar dalam dunia startup. Harapan besar ini yang kami bebankan pada guru-guru lokal yang telah berjasa mengabdi dalam dunia akademis. Apabila membutuhkan masukan dari dunia industri, Maulidan Games dan Gerdhu siap membantu menyinkronkan keduanya.

Apabila pembaca adalah guru ataupun penggiat dalam dunia akademis, kami siap membantu dalam ekspertis kami di industri game dan pemrograman. Silahkan kontak kami melalui contact@maulidangames.com dan kami akan selalu sigap dengan pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan.

Similar Article