Sebagai salah satu bentuk komitmen Maulidan Games berperan serta dalam dunia akademis, kami mengadakan kuliah magang perdana di semester awal tahun ini. Kalau dulu dalam format Maulidan Academy, kali ini formatnya khusus bagi teman-teman magang. Pemagang yang sebagian besarnya adalah graphics artist pemula ini mendapatkan materi mengenai UX & UI Design dari Julian Akbar, graphics artist tetap dari studio kami.

 

 

Pada bagian pertama dari kuliah magang ini, UX menjadi fokus utama pembahasan. UX sendiri bisa diartikan bagaimana sebuah produk itu terasa. Lalu ketika masuk ke UX Design, maka kita berbicara mengenai bagaimana meningkatkan kepuasan pengguna ketika memakai produk kita. Inti utama dari sebuah UX adalah usability atau kegunaan.

Ketika hendak merancang UX, maka artist harus memperhatikan empat cakupan penting, antara lain interaction design, user research & scenario, wireframes & prototipe, dan information architecture. Keempatnya tidak boleh terpisah satu sama lain. Misalnya saat merancang sebuah interaksi, ujikan prototipe terlebih dahulu kepada calon pengguna yang ditarget. Untuk mencapai kepuasan pengguna yang maksimal, maka desainer UX  harus benar-benar menggali kekurangan dari hasil uji prototipe tersebut.

 

 

Program kuliah magang ini akan menjadi awal dari materi-materi selanjutnya. Maulidan Games berharap bahwa teman-teman tidak hanya mendapatkan pengalaman bekerja di kami, tetapi juga membawa pulang ilmu yang banyak. Kami percaya bahwa salah satu kunci bertahannya sebuah startup  adalah dengan memilki dasar ilmu yang kuat. Dengan demikian, ketika menghadapi setiap tantangan di depan, teman-teman mampu menatap optimis dengan berbekal ilmu yang terasah kuat.

Similar Article