Usai mengikuti rangkaian acara INAICTA, petualangan kami dalam dunia kompetisi belum berakhir. Saat berjibaku dengan sederet kegiatan dalam INAICTA, secara paralel kami mencoba menguji keberuntungan dengan mengikutsertakan salah satu game produksi kami, Save Punyu, dalam ajang INCREFEST (Industry Creative Festival) 2013.


 

Acara ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Perindustrian Republik Indonesia melalui Direktorat Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi (IUBTT). INCREFEST memberikan ruang bagi perusahaan start-up konten kreatif digital untuk menunjukkan kemampuan terbaik mereka. Raymond Tedjokusumo, salah seorang juri INCREFEST 2013 untuk kategori Developer Game mengatakan bahwa program Increfest 2013 merupakan langkah awal bagi para pengembang aplikasi lokal untuk menggali, mengembangkan produk-produknya, dan mengekspose potensi produknya ke arah yang lebih kreatif dan bermanfaat, terutama karena industri digital kreatif ini memiliki potensi ekonomi yang cukup besar di masa mendatang.

 

Mengusung tema "Indonesia, This is My World Quality Creation", acara ini diinisasi sebagai langkah untuk meningkatkan daya saing Indonesia dalam menghadapi ASEAN Economic Community. Terdapat tiga kategori yang dilombakan, yaitu Animasi, Game, dan Software. Khusus untuk kategori game, kontestan dapat mengumpulkan game dengan tipe stand-alone game, Flash game, Client-server game, Facebook game, dan mobile game yang menggunakan platform Java mapun Android. Pendaftaran tim dibuka mulai bulan Februari hingga September 2013. Semua karya yang masuk akan diseleksi hingga menghasilkan 7 finalis yang akan memperebutkan 3 peringkat di setiap kategorinya. Tim yang lolos seleksi hingga babak final wajib mempresentasikan karyanya di Bandung Techno Park, kawasan Pendidikan Telkom, Selasa (10/09/2013)

 

 

"Save Punyu" menjadi game yang diandalkan oleh tim Maulidan Games dalam kompetisi ini. Game bertemakan penyelamatan hewan yang dilindungi ini mengisahkan tentang kesedihan seekor penyu hijau yang spesiesnya sedang diburu oleh para bajak laut untuk diselundupkan secara ilegal.  Berperan sebagai polisi laut, pemain memiliki misi yang harus dilaksanakan untuk menyelamatkan penyu, diantaranya

  1. Menjelajah perairan untuk menemukan markas-markas bajak laut yang tersebar diantara pulau-pulau yang ada. 
  2. Melepaskan penyu yang terperangkap didalam drum dengan menggunakan perhitungan matematika.
  3. Berperang dengan bajak laut untuk menangkap mereka
  4. Memberi makan penyu-penyu yang telah berhasil diselamatkan

 

Tersaji dengan penampilan grafis yang imut dan menggemaskan, game ini sarat dengan nilai-nilai edukasi karena mengandung nilai sosial (misi penyelamatan hewan yang dilindungi). Save Punyu juga memberikan pengalaman bermain yang mencerdaskan serta menyenangkan untuk anak-anak. Maka tidak heran jika game ini mampu menyabet Juara II dalam perlombaan ini dan meraih hadiah uang tunai sebesar Rp 5,000,000,00.


 

 

Similar Article