Perhelatan istimewa "Maulidan Games Diamond 4.0 Engine Showcase & Informatics ITS Best Game FP Awards " telah sukses diselenggarakan di Aula Teknik Informatika ITS, Rabu, (01/06). Acara yang merupakan hasil kerja sama dari Maulidan Games dengan Jurusan Teknik Informatika ITS ini merupakan acara gabungan dari beberapa agenda, diantaranya 1.) Penghargaan terhadap best final project; 2.) Demo pembuatan game dengan menggunakan framework terbaru MG, Diamond 4.0; 3.) Informasi tentang program terbaru MG yaitu soft launching Diamond 5.0 Development Collaboration & MG Academy.


Acara ini dipadati oleh ratusan peserta yang berasal dari berbagai kalangan. Peserta didominasi oleh kalangan mahasiswa yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Surabaya , diantaranya ITS, PENS, ITATS, dan UNESA.  Beberapa undangan juga turut hadir, diantaranya perwakilan dari Surabaya Creative City Forum, Andy Rachman, S.T. dan dosen-dosen yang berasal dari beberapa perguruan tinggi di Surabaya. Sebelum melangkah ke acara inti, acara dibuka dengan sambutan oleh Imam Kuswardayan, S.T. M.T. (dosen Teknik Informatika ITS) dan Ketua Jurusan Teknik Informatika ITS, Darlis Harumurti, S.T, M. Sc.

 

Selanjutnya, acara beralih pada sesi demo finalis FP terbaik dari 3 kelas mata kuliah yang diampu oleh Bapak Imam, yaitu Pemrograman Web, Manajemen Basis Data, dan Teknik Pengembangan Game. Masing-masing kelompok yang terpilih sebagai finalis mendapatkan kesempatan untuk melakukan presentasi karyanya. Khusus untuk peserta mata kuliah Teknik Pengembangan Game, tiga kelompok terbaik berhak mendapatkan hadiah spesial dari tim Maulidan Games di akhir acara. 


Salah seorang peserta finalis best final project mempresentasikan karyanya

 

Setelah itu, sesi beralih pada tim Maulidan Games. Pada kesempatan ini, Maulidan menekankan pentingnya melakukan automasi dalam membuat game. Untuk mendukung produktivitas yang lebih cepat dan banyak, ia membuat engine Diamond yang saat ini telah dikembangkan hingga mencapai versi 4.0. Produktivitas yang meningkat dibuktikan dengan kemampuan tim Maulidan Games menghasilkan puluhan game  dalam waktu satu tahun di tahun 2015 lalu. 

 

Maulidan sedang memberikan materi

Suasana menjadi semakin menarik ketika Maulidan melakukan demo pembuatan game secara langsung. Konsep class diagram yang diusung oleh Diamond 4.0 memungkinkan development berjalan dengan lebih cepat, karena kode tampil secara otomatis dengan perintah program.   Dengan bantuan engine tersebut, Maulidan mampu membuat game space shooter sederhana dalam waktu kurang dari 30 menit saja. Sungguh luar biasa !
 


Dalam sesi materi yang diisi oleh Ramadhany Candra, ia membuka kesempatan pada berbagai kalangan untuk berkolaborasi dengan proyek yang diselenggarakan oleh Maulidan Games. Menyadari pentingnya kontribusi ilmu akademik dalam mendukung automasi, tim Maulidan Games membuka peluang bagi semua kalangan khususnya dunia akademik untuk berkontribusi dalam program Diamond 5.0 Development Collaboration & MG Academy. Peserta dapat berkontribusi membuat produk engine yang dibutuhkan oleh tim Maulidan Games.

 

Candra menyampaikan tentang program Diamond 5.0 Collaboration dan MG Academy

 

Bagi mereka yang ingin mendalami penerapan ilmu programming dalam pengembangan game dan engine, Maulidan Games membuka program MG Academy. Program ini diwujudkan dalam bentuk perkuliahan tatap muka yang diselenggarakan setiap hari Sabtu atau Minggu. Rencananya program tersebut akan dimulai pada pertengahan Juni 2016.

Sesi acara diakhiri dengan pembagian hadiah kepada para pemenang Best Final Project. Para finalis Best Final Project yang berasal dari mata kuliah Pemrograman Web dan Manajemen Basis Data mendapatkan hadiah hiburan yang disponsori oleh Etalasemuslim.com.

 

Finalis FP terbaik dari mata kuliah Pemrograman Web dan Manajemen Basis Data

 

Sedangkan penghargaan untuk best final project dalam mata kuliah Teknik Pengembangan Game berhak mendapatkan hadiah uang tunai dari tim Maulidan Games. Mereka yang beruntung adalah :

  1. Tim Elemental Hero, mendapatkan hadiah senilai Rp 1.000.000,00
  2. Tim Last Man Standing, mendapatkan hadiah senilai Rp 750.000,00
  3. Tim Wild Escape, mendapatkan hadiah senilai Rp 500.000,00

Selamat kepada para pemenang ! semoga selalu semangat untuk produktif menghasilkan karya yang bermanfaat.

 

Para pemenang FP terbaik dari mata kuliah Teknik Pengembangan Game

Similar Article