Berawal dari ajakan grup chat komunitas pegiat konten kreatif digital "Inkubasi Surabaya", tim Maulidan Games memiliki peluang untuk berbagi ilmu dalam program Generasi Maju Arek Suroboyo (GEMAS). Program ini ditujukan bagi para siswa kelas satu sekolah menengah atas untuk memberi wawasan seputar keilmuan teknologi informasi dan pengaplikasiannya kedalam konten kreatif digital (misalnya web, animasi, game, dan lain-lain). Dari kegiatan tersebut, diharapkan para siswa memiliki kompetensi memadai di dunia industri IT, terlebih dengan diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN. Program ini diakomodir oleh Pemkot Surabaya, dengan melibatkan sejumlah praktisi dalam bisnis konten kreatif digital. Sejumlah pihak turut mendukung acara tersebut, diantaranya beberapa perusahaan start-up yang mendiami GERDHU (Gedung Kreatif Digital Hub), Universitas Narotama, Universitas Ciputra, dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

 

Agenda yang diselenggarakan di Gedung Bappeko, Kamis (12/05) ini dihadiri oleh ratusan siswa SMA/SMK se-Surabaya. Acara ini dikemas dalam bentuk presentasi seminar yang dibagi kedalam beberapa sesi, yang berlangsung sejak pukul 09.00 pagi hingga siang hari. Para siswa diperkenalkan dengan sejumlah materi bermanfaat, baik teknis maupun pengembangan konten digital dalam segi bisnis. Mnereka mendapat ilmu secara langsung dari para praktisi yang malang melintang di dunia konten kreatif digital.

 

Para peserta sedang menyimak paparan dari pemateri

 

Dalam kesempatan tersebut, tim Maulidan Games membawakan materi tentang animation programming. Diwakili oleh Maulidan sebagai pembicara, ia memberikan pengantar tentang animasi. Dalam pembuatan game, animasi merupakan elemen penting yang tidak terpisahkan dengan programming.  Ia juga menjelaskan beberapa teknik umum yang dapat digunakan dalam memproduksi game, misalnya frame by frame (bentuk yang paling dasar dengan animasi satu persatu), tweening, hingga teknik boning untuk menghasilkan kualitas animasi yang halus dan apik.  

Maulidan menyampaikan materi tentang Animation Programming

 

Agenda GEMAS merupakan sebuah langkah yang baik dalam mempersiapkan generasi muda agar semangat berkarya dan memanfaatkan teknologi secara positif.  Semoga ilmu yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para siswa, sehingga kedepannya akan lahir talenta-talenta muda di Surabaya yang mampu menggerakkan sektor industri kreatif di kota pahlawan ini.

 

 

 

Similar Article