Sudah sangat lama sekali semenjak terakhir kali kami membuat tulisan mengenai kegiatan maupun tentang game yang sedang dikembangkan oleh Maulidan Games. Beberapa bulan terakhir menjadi waktu di mana kesibukan kami dalam pengembangan game menguras segala konsentrasi dan tenaga kami. Salah satu alasannya juga karena pasar baru yang sedang Maulidan Games coba taklukan, pasar game PC terbesar di muka bumi untuk saat ini, Steam.

Beberapa waktu lalu kami sudah merilis game perdana kami di Steam, Multishop Tycoon Deluxe. Nah hari ini kami ingin berbagi cerita mengenai progres dari game terbaru kami yang juga akan dirilis tahun 2017 di Steam, Legion Tale.

Sebenarnya banyak sekali yang ingin saya bahas mengenai hal-hal yang terjadi selama pengembangan di Legion Tale, namun khusus untuk hari ini saya ingin berbagi proses animasi karakter.

 

Pencarian Animasi Karakter

Sebuah video game tidak pernah lepas dengan apa yang namanya animasi. Dalam buku the Art of Game Design, animasi menjadi salah satu komponen desain game bersama 18 poin lainnya. Legion Tale sebagai sebuah game taktik turn-based menjadikan animasi sebagai salah satu poin krusial untuk menghidupkan setiap aksi yang dikeluarkan oleh para karakter.

Flash tetap menjadi andalan kami untuk membuat animasi 2D yang berkualitas. Pertama-tama animator menyusun tiap bagian tubuh karakter yang telah digambar oleh artist. Penyusunan ini yakni peletakkan bagian-bagian tubuh tersebut pada layer yang berbeda untuk dianimasikan satu-persatu. Baru setelah itu layer-layer tersebut diletakkan sesuai keyframe animasi yang ingin diraih.

 

 

Proses ini berlanjut untuk posisi karakter yang menghadap ke arah lain. Tidak hanya posisi isometris depan seperti gambar di atas, tetapi juga posisi lain yang memiliki bagian art badan yang berbeda banyak. Seperti posisi depan, belakang, samping, dan isometris belakang.

 

 

Proses ini juga berlanjut untuk 19 karakter playable lainnya dari Legion Tale. Berikut animasi serangan spesial dari karakter Venda yang telah selesai dianimasikan.

 

 

Di beberapa frame setelah Venda melompat, frame-frame bagian badan dihilangkan untuk memberikan efek lompatan tinggi. Namun bayangan tidak termasuk yang dihilangkan agar lompatan terkesan tetap nyata. Sesaat masuk keyframe selanjutnya, frame-frame bagian badan dimunculkan kembali berbarengan dengan pemberian efek visual asap dan tebasan biru yang mengesankan Venda sedang menyerang dari atas.

Kami menerapkan prinsip Anticipation pada animasi Venda merunduk sesaat sebelum melakukan lompatan serangan spesial ini.

Untuk update selanjutnya, saya akan menampilkan proses pemolesan area pertarungan di Legion Tale oleh artist environment kami.

Similar Article