CATTLE TYCOON


 

Ingin merasakan bagaimana serunya mengelola sebuah bisnis peternakan? Kamu bisa mencoba memainkan "Cattle Tycoon”. Cerita bermula ketika Barnie, seorang lelaki muda yang diberi mandat oleh Richie (juragan kaya dari game “Multishop Tycoon”) untuk merintis sebuah bisnis peternakan mulai dari fase produksi hingga pemasaran produk. Agar bisnismu tumbuh, kamu harus mencapai target produksi maupun target penjualan yang telah ditetapkan dalam sejumlah quest di setiap levelnya.

 

Berawal dari Lumbung

Dalam Cattle Tycoon, ada satu tempat yang menjadi inti dari proses produksi yang kamu lakukan, yaitu lumbung (barn). Ada 4 macam hewan yang bisa kamu kelola di area ini, yaitu ayam, bebek, domba, dan sapi.  Di lumbung tersebut, kamu bisa mengelola beberapa proses produksi, diantaranya 1.) menambah stok bibit hewan;  2.) penyimpanan stok hewan;  3.) penyimpanan stok produk hewani;  4.) membuat produk turunan hewani, dan 6.) menetaskan telur dengan inkubator

.

Kelola stok ternakmu di "barn"

 

Pasarkan Produkmu!

Di bagian pemasaran, kamu dapat mengambil stok yang akan dijual dari lumbung (barn). Kamu bisa menjual hewan ternakmu yang terklasifikasi kedalam 4 area sesuai jenisnya. Masing-masing hewan dapat memiliki 4 tipe ukuran yang berbeda.  Jadi seandainya pun kamu ingin menjual anak ayam yang masih kecil, kamu pun bisa melakukannya (dengan harga yang relatif rendah tiap ekornya). Apabila kamu ingin menjual dengan harga yang paling maksimal, kamu bisa menunggu hewan ternak tersebut selama beberapa hari sampai ukuran tubuhnya maksimal. Tidak hanya itu, terdapat dua buah stan yang khusus menjual produk hewani (susu dan telur) maupun produk turunan hewani (telur asin, keju, mayonais, yoghurt).

 

suasana pasar

 

Kembangkan bisnismu!

Bagaimana jika stok produk kita terus bertambah, sedangkan kapasitas tempatnya terbatas? Atau bagaimana cara mengolah telur menjadi mayonais? Jangan khawatir, kamu bisa mengunjungi upgrade panel untuk memilih benda yang sesuai dengan kebutuhanmu. Ada 20 macam upgrade yang bisa kamu gunakan dalam game ini. Gunakan diamond yang telah kamu raih saat menyelesaikan quest untuk membeli benda-benda tersebut.

 

Cattle Tycoon mengajakmu untuk berpikir strategis bak seorang wirausahawan di dunia nyata. Untuk meraih target penjualan yang ditetapkan dalam quest, kamu harus pandai-pandai mengatur ketersediaan stok produk maupun menetapkan harga yang sesuai dengan daya beli konsumen. Secara tersirat, game ini menyampaikan bahwa untuk mencapai sesuatu, kita membutuhkan suatu proses. Dengan ketelatenan dan keuletan dalam menjalankan bisnis, niscaya hasil yang diraih pun akan manis.   


Mainkan gamenya disini